Pages

Monday, May 7, 2012

Membuat database MySql dengan PhpMyAdmin

Pada dasarnya, mengelola basis data dengan MySQL harus dilakukan dengan cara mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika seseorang ingin membuat basis data (database), ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat basis data. Jika seseorang menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu saja sangat menyulitkan karena seseorang harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu per satu.
Saat ini banyak sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola basis data dalam MySQL, salah satunya adalah phpMyAdmin. Dengan phpMyAdmin, seseorang dapat membuat database, membuat tabel, mengisi data, dan lain-lain dengan mudah, tanpa harus menghafal baris perintahnya.
Untuk memulai pembuatan database yang perlu kita siapkan adalah tentunya server database MySql bagi yang komputernya berlum tersedia baca artikel berikut dengan judul Instalasi XAMPP di Windows.
Untuk belajar membuat database kale ini kita database kita beri nama mydata.
  1. Untuk langkah pertama buka browser kemudian ketikan http://localhost/phpmyadmin
    maka akan tampil
  2. pada kolom Create new database ketikan nama database yang akan kita buat kemudian klik Create

  3. Maka database yang kita buat akan tampil di list database pada sebelah kiri serta ditampilkan pesan Database mydata has been created.
-Jangan Pernah Berhenti Untuk Mencoba-

sumber : http://delprio.wordpress.com/2010/10/14/membuat-database-mysql-dengan-phpmyadmin/

No comments:

Post a Comment